Svara Semesta


Album Svara Semesta dibagi menjadi dua ruang, yakni:
Ruang I : Budaya & Teknologi

Ruang ini didominasi cerita tentang pengagungan Tuhan dan semesta dengan gaya ungkap tembang kontemporer dalam Bahasa Sansekerta, Jawa Kuno, dan Bali. Terinspirasi dari kekawin (kidung suci) sebagai warisan budaya leluhur yang sarat akan filosofi. Untuk menyeimbangkan tema dan bahasa yang terkesan berat, beberapa komposisi musik dalam ruang ini disajikan dalam balutan à la Nu Sound Technology.

Beberapa lagu yang berada dalam ruang ini adalah:

  1. Tri Kaya Parisudha (Thinking Good Saying Good, Doing Good)
  2. Wirama Totaka
  3. Duh Hyang Ratih (The Moon)
  4. Tat Twam Asi (I Am You)

Ruang II : Manusia

Ruang ini mengisahkan tentang lahir, hidup, dan mati, yang dimainkan manusia-manusia sesungguhnya. Saya percaya kepekaan rasa manusia tidaklah dapat tergantikan, meski teknologi telah cukup berhasil memainkan perannya dalam dunia modern. Dalam ruang ini saya berbagi dengan para sahabat, musisi yang berempati terhadap kegelisahan saya untuk berkarya.

Beberapa lagu yang berada dalam ruang ini adalah:

  1. Maha Asa (Big Dream)
  2. Brothers & Sisters – Adi & Ida
  3. Here, Now, and Forever More – Om Mani Padme Hum
  4. Ibu (Mother)
  5. I Am Talking to Myself
  6. Breathing
  7. Reinkarnasi (Reincarnation)

Pesan Khusus

Tak ada maksud sedikit pun bagi saya untuk membuat para kerabat, sahabat, atau siapa pun yang menikmati Svara Semesta merasa tidak nyaman. Untuk itu, berkenanlah meluangkan waktu sesaat untuk memahami setiap konsep ruang. Tempatkan diri pada irama yang anda suka, sekaligus meresapi setiap nilai dan isi dalam musik yang saya ciptakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *