Indonesia Siap Gaet Wisatawan Malaysia di Penang

Kementerian Pariwisata bekerja sama dengan Konsul Jenderal RI siap menggaet wisatawan Malaysia dengan menghadirkan seniman dan artis papan atas untuk mengikuti Festival George Town (GTF), Penang, Malaysia, mulai Sabtu hingga Ahad (31/7). Di antara penyanyi dan grup band yang akan mewakili Indonesia dengan brand pariwisata Wonderful Indonesia itu adalah Raisa, Ayu Laksmi, dan grup musik Nidji.

Tim yang dipimpin Pupung Thariq Fadhillah, Kasubdit Festival Seni dan Budaya di Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Manca Negara Kemenpar itu juga memboyong komikus Aji Prasetyo yang pernah menjadi pembicara di Frankfurt Book Fair 2015.

Selain itu, juga didatangkan Akademi Samali, komunitas penggemar komik yang kerap membantu penerbitan komik dan awarding untuk komik-komik lokal. Wakil Indonesia lainnya adalah pengrajin Batik Fractal Indonesia, yaitu kerajinan batik dengan motif unik karena polanya dihasilkan lewat rumus matematis. Lantaran keunikannya ini, Batik Fractal Indonesia sudah sukses menembus pasar Silicon Valley, Kalifornia, Australia, Inggris, dan Swiss.

“Kita selalu memanfaatkan berbagai kegiatan festival untuk menari minat masyarakat luar negeri, termasuk Malaysia, agar berkunjung ke Indonesia. Target Kementerian Pariwisata tahun ini adalah menggaet sekitar 2 juta turis dari negeri jiran ini,” kata Pupung di Penang, Sabtu.

Menurut Pupung, keikutsertaan Indonesia di GTF adalah untuk pertama kali dan tim yang dipimpinnya harus mempersiapkan diri dalam waktu relatif singkat. “Hasil dari keikutsertaan di George Town Festival ini nantinya akan dievaluasi dan seandainya mendapat sambutan positif, tahun depan Indonesia akan ikut lagi dengan tim lebih besar sekaligus mempromosikan sepuluh destinasi wisata prioritas,” katanya.

Kesepuluh destinasi yang diprioritaskan tersebut adalah Danau Toba (Sumatera Utara), Morotai (Maluku Utara), Tanjung Kelayang (Babel), Tanjung Lesung (Banten), Kepulauan Seribu (Jakarta), Candi Borobudur (Jawa Tengah), Bromo Tengger Semeru (Jawa Timur), Kawasan Mandalika (NTB), Labuan Bajo (NTT), dan Wakatobi (Sultra).

Festival George Town yang diselenggarakan secara teratur setiap tahun dimulai sejak 2010 berlangsung sebulan penuh dengan menampilkan berbagai kegiatan seni, budaya, dan komunitas. Kota yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai salah satu situs peninggalan dunia tersebut bertekad untuk menjadi pusat pertunjukan budaya dan seni berkelas dunia dengan menyuguhkan hampir 100 event unik setiap tahun.

Acara pembukaan bertemu Svara Bhumi (Songs of the Earth) yang berlangsung di Gedung Esplanade sampai Jumat tengah malam menampilkan penyanyi Indonesia Ayu Laksmi yang bergabung dengan The Black Arm Band, grup musik keturunan Aborigin dari Australia. Sementara itu, penyanyi bersuara sendu Raisa akan tampil Sabtu malam, disusul Nidji pada Ahad malam, yaitu pada hari terakhir keikutsertaan Indonesia.

Sumber : Republika Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *