Kemegahan Diri Ayu Laksmi

Bahwa manusia memiliki kemampuan tak terbatas, bahkan melampaui apa yang dipikirkannya. Hal ini berlaku bagi siapa saja, termasuk Ayu Laksmi. Dikenal sebagai penyanyi, Ayu Laksmi mengembangkan dirinya sebagai pencipta lagu, arranger, hingga aktris teater dan layar lebar.

Dalam seni peran, Ayu Laksmi bukanlah tergolong baru. Bahkan saat ini, 2 film yang melibatkannya, Pengabdi Setan dan Sekala Niskala menuai pujian. Film Pengabdi Setan besutan Joko Anwar, misalnya, kini akan tayang di 42 negara. Ayu Laksmi yang tampil sebagai Ibu berhasil memikat penonton dengan acting yang memukau. Bahkan tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa sosok Ibu menjadi tokoh sentral film tersebut, meskipun hanya muncul dalam beberapa scene.

Sementara Film Sekala Niskala karya Kamila Andini, berkisah tentang kekerabatan yang erat antara Tantri dan Tantra, anak kembar yang lahir dan tinggal di sebuah pedesaan di Bali. Di antara kekerabatan tersebut, ada pula hubungan mereka dengan hal-hal yang tak kasat mata dan bulan purnama. Dalam film ini, Ayu Laksmi berperan sebagai Ibu dari anak kembar tersebut. Baru-baru ini, Sekala Niskala pun meraih prestasi dengan meraih piala kemenangan di Berlin International Film Festival (Berlinale) ke-68 dalam kategori Generation Kplus atau anak-anak  dan remaja.

“Kita bekerja sesuai karma. Dan karma saya sebagai seniman adalah mendedikasikan diri terhadap kesenian itu sendiri. Di Bali, totalitas berkesenian adalah salah satu jalan untuk mengagungkan Sang Maha Karya. Inilah persembahan saya kepada Beliau, juga kepada bangsa ini,” tutur Ayu Laksmi.

Meski popularitas telah melekat dalam dirinya, Ayu Laksmi tetaplah sosok yang sederhana. Namun dalam kesederhanaan itu, muncul kemegahan yang begitu cemerlang. Kemegahan yang diimpikan banyak orang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *